Minggu, 14 Oktober 2018

Pasang Parabola Kayu Putih,Pulo Gadung

Pasang Parabola Kayu Putih,Pulo Gadung


Pasang Parabola Kayu Putih,Pulo Gadung

Sekarang Kerangka reflektor parabola sudah siap untuk dipasang LNB


hubungkan konektor F dari antena ke receiver (hubungkan juga kabel dari receiver ke monitor tv pakai kabel vga, component, HDMI cable).
Atur satelit/ parameter transponder satelit, chanel yang akan kita cari, masukkan salah satu chanel untuk di jadikan acuan mendapatkan chanel satelit yang akan kita tampilkan (pada kolom bagian atas itu untuk melihat kekuatan signal LNB (kwantitas signal), kolom di bawahnya untuk melihant kekuatan signal (kwalitas signal) dari chanel yang akan kita cari/ tampilan ini sering ditemui pda receiver biasa (DVB Mpeg-2) kalau menggunakan LNBF C Band maka pengaturan Freq. LO (Local Oscilator) LNB pilih 5150 atau 5157 untuk tipe One Cable solution (OCS) LNB, universal 9750/10600 untuk LNBF jenis Ku band offset/ prime focus, pilih 9750 untuk frekwensi di bawah 10000, 10600 frekwesi diatas 10000
Tahap ini sudah bisa mencari chanel dengan melihat pada monitor anda, coba gerakkan ke kiri kanan untuk mendapatkan arah Barat/ Timur yang merupakan arah orbit satelit, dorong ke atas bawah sambil melihat pada bar kolom kualitas signal di monitor biasanya di tandai dengan anka dan persen (%), atur sampai signal terkuat/ maksimal di dapat, sambil mengencangkan baut-baut yang ada pada pangkal antena parabola/ penahan mounting dan aktuator/ besi penyangga antena (arah Barat ke Timur), jika anda memiliki motor penggerak/ aktuator bisa langsung di pasangkan sehingga nantinya kendali untuk menaikkan & menurunkan arah antena parabola langsung dari positioner atau bisa juga langsung dari receiver.
Atur di receiver, cari menu untuk pilihan scan otomatic/ auto scan/ cari buta, tunggu sampai semua chanel muncul kemudian tekan OK untuk save/ simpan. Disini anda sudah bisa



menikmati gratis chanel Free To Air.Sisi teknis pengaturan antena parabola  Dari segi teknis langkah-langkah diatas berlaku juga buat pasang LNB KU Band hanya perbedaan dudukan LNB & arah konektor yang berbeda. Untuk LNB KU Band arah konektor menghadap Utara, tapi ada juga yang harus menghadap arah lain konektornya, contohnya untuk pointing ke satelit Optus Australia. Untuk memaksimalkan signal frekuwensi chanel dengan polarisation H (Horisontal) pengaturannya coba naik atau turunkan LNB, jarak antara antena parabola ke LNB umumnya di kisaran angka 36, 38 untuk ukuran antena parabola 6/ 8 feet, dish ram/ jaring 9/ 10 feet atur di angka LNB 38, 42, tinggal disesuaikan dengan memaksimalkan signal yang bisa di kunci dengan sempurna (fungsi angka - angka di body LNB itu untuk menentukan jarak ketepatan/ tinggi antara dasar/ fokus antena parabola dengan dudukan LNB sehingga menghasilkan kwalitas signal penangkapan yang maksimal).
Untuk memaksimalkan signal frekwensi chanel dengan polarisation V (Vertikal) atur sambil diputar arahnya ke kiri atau ke kanan LNB tanpa merubah angka jarak antara antena parabola ke LNB.
Trik tambahan cara atur antena parabola :
Untuk setingan 1 antena parabola ke 2 receiver atau lebih, gunakan peralatan tambahan switch DisEqc atau sekalian pakai multiswitch cara seting penggaturannya lebih mudah, juga bisa untuk 4 LNB 1 receiver.
Untuk pointing di daerah yang ada hotspot WiFi biasanya signal sering naik turun/ loncat, bungkus LNB pakai alumunium plat untuk mendapatkan signal yang bagus.
Untuk menguatkan signal menggunakan LNB KU Band bisa dengan trik penggunaan dudukan LNB C Band.
Cek update terbaru daftar channel frequensi & symbol rate di satelit Indonesia palapa D & Telkom 1 lewat antena parabola. Cara mengetahui keterangan tiap channel apakah pakai receiver/ DVB Satellite channel format Mpeg 2 atau Mpeg 4, caranya lihat tabel channel per satelite di lyngsat yang ada di artikel Cara membaca keterangan tabel di lyngsat.
Pengaturan dan cara cepat seting atau mencari signal yang hilang di antena parabola ram & solid, artikel ini bisa langsung di praktekkan untuk ukuran antena parabola minimal 5 feet, sedangkan untuk pengaturan antena ukuran kecil yang sering di sebut antena parabola offset seperti milik Aora, Indovision, Telkomvision dan Orange TV bisa menjadikan trik antena parabola ini sebagai panduannya.


Merakit lnb memiliki peranan sangat penting dalam pemasangan antena parabola karena letak lnb berada pada tempat yang menjadi fokus sinyal pantulan dish. Jika kita kurang jeli dalam perakitan lnb ini, maka hasilnya jadi tidak optimal. Berikut akan saya jelaskan tentang cara merakit 2 lnb agar pemasangan antena parabola hasilnya optimal.
Yang harus disiapkan adalah 2 buah lnb beserta switch dan dudukannya. Seperti yang terlihat pada gambar berikut:
gambar dua buah lnb dan dudukannya sebelum dipasang
Kemudian kedua lnb dimasukkan pada lubang dudukan dan kencangkanlah bautnya.
dua buah lnb yang sudah terpasang di dudukannya

Cara mengencangkan baut sebaiknya dengan posisi terbalik dan tutup lnb dibuka agar lebih mudah dalam penyearahan jarum horisontal. Bantalan jarum horisontal dibuat searah antara dua lnb dan aturlah jarak antar lnb sesuai dish anda seperti gambar dibawah ini:
gambar dua buah lnb yangsudah terpasang tampak dari bawah
Selanjutnya buatlah bibir lnb menjorok kebawah dudukan kira-kira 1 cm seperti gambar dibawah ini:
gambar 2 lnb posisinya menjorok keluar dari dudukan
Ini dimaksudkan agar lnb tidak menjadi tumpuan kerucut sinyal dari dudukan. Dengan lnb di pasang menjorok kebawah maka lnb akan menerima fokus bebas dan akan tetap mampu menerima sinyal dengan baik walaupun kualitas dish kurang baik.

Selanjutnya pasang kabel konektor dari lnb ke switch. Kebetulan gambar dibawah ini menggunakan switch 22k inside. Setelah itu perakitan 2 lnb pada dudukan sudah selesai dan siap dipasang pada stik/tiang fokus dish.

Terima kasih sudah berkunjung